KISI KISI SOAL PAS SMT 1 TEMA 2 KELAS 6 SD

Kake Guru
0

 



No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

PPKn

1

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Makna persatuan dalam perbedaan

PG

1

Peserta didik dapat memilih sikap yang tepat dalam pertemanan dengan benar.

2

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah

PG

1

Peserta didik dapat menentukan nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah

3

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Meneladani kerja sama pejuang sebagai bentuk penerapan nilai persatuan dan kesatua

PG

1

Peserta didik dapat menentukan tindakan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

4

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Mempertahankan persatuan dan kesatuan

PG

3

Peserta didik dapat menganalisis cara menghindari perselisihan.

5

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Manfaat persatuan dan kesatuan

PG

1

Peserta didik dapat memilih manfaat menjaga persatuan dan kesatuan.

Bahasa Indonesia

6

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Kata tanya

PG

1

Peserta didik dapat menentukan aspek kata tanya dengan benar

7

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Mengidentifikasi informasi penting suatu teks

PG

2

Peserta didik dapat menentukan informasi penting pada teks dengan benar.

8

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana.

Penggunaan kalimat efektif

PG

3

Peserta didik dapat memilih kalimat efektif dengan benar

9

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Menuliskan informasi menggunakan kata baku

PG

1

Peserta didik dapat memilih contoh kata baku dengan benar.

10

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Kata baku dan kata tidak baku

PG

3

Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar

Ilmu Pengetahuan Alam

11

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Cara tumbuhan menyesuaikan diri

PG

1

Peserta didik dapat menentukan fungsi bagian tanaman dengan benar.

12

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Cara tumbuhan melindungi diri

PG

1

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan cara tumbuhan melindungi diri dengan benar.

13

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Cara hewan menyesuaikan diri

PG

1

Peserta didik dapat menentukan cara hewan menyesuaikan diri dengan benar

14

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Cara hewan melindungi diri

PG

1

Peserta didik dapat menentukan cara hewan melindungi diri dengan benar

15

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Manfaat adaptasi makhluk hidup

PG

2

Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang tidak dapat digunakan sebagai bahan penyedap makanan

Ilmu Pengetahuan Sosial

16

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia

 

 

PG

1

Peserta didik dapat menentukan tujuan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar

17

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

PG

3

Peserta didik dapat menentukan penerapan makna proklamasi dengan benar

18

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia

PG

2

Peserta didik dapat menentukan tokoh yang gugur dalam pertempuran Bandung Lautan Api.

19

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Kerja sama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia

PG

1

Peserta didik dapat menentukan kerja sama dalam mempertahankan kemerdekaan dengan benar.

20

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia

PG

1

Peserta didik dapat menentukan manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia di bidang pendidikan dengan benar.

Seni Budaya dan Prakarya

21

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Pola lantai dalam Gerakan tari

PG

1

Peserta didik dapat menentukan arah pola lantai dengan benar

22

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Pola lantai pada tarian daerah

PG

1

Peserta didik dapat menentukan jenis pola lantai berkelompok dengan benar

23

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Pola lantai tari tunggal, berpasangan, dan berkelompok

PG

3

Peserta didik dapat menentukan nama tarian yang dilakukan secata tunggal dengan benar.

24

Memahami penampilan tari kreasi daerah

pola lantai dan gerak tari

PG

1

Peserta didik dapat menentukan gerak tari merak dengan benar

25

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Gerak pola lantai

PG

2

Peserta didik dapat menentukan jenis pla lantai pada gerak tari tandak dengan benar

PPKn

26

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Pentingnya persatuan dan kesatuan

IS

2

Peserta didik dapat mentukan sila yang sesuai dengan penerapan persatuan dan kesatuan

27

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Manfaat menerapkan persatuan dan kesatuan

IS

1

Peserta didik dapat menentukan dampak menerapkan hidup rukun.

Bahasa Indonesia

28

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Aspek kata tanya

IS

1

Peserta didik dapat menentukan aspek kata tanya dengan benar.

29

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Kalimat efektif

IS

1

Peserta didik dapat menentukan kata yang harus dihilangkan supaya menjadi kalimat yang efektif dengan benar

Ilmu Pengetahuan Alam

30

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Cara tumbuhan melindungi diri

IS

2

Peserta didik dapat menyebutkan nama tumbuhan yang memiliki ciri-ciri cara melindungi diri dengan benar

31

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia dan lingkungan

IS

2

Peserta didik dapat menyebutkan nama tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan

Ilmu Pengetahuan Sosial

32

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia

IS

1

Peserta didik dapat menyebutkan arti pembacaat teks proklamasi dengan benar

33

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia

IS

2

Peserta didik dapat menyebutkan rencana I.J Kasimo dengan benar

Seni Budaya dan Prakarya

34

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Pola lantai dan Gerakan tari

IS

2

Peserta didik dapat menyebutkan nama pola lantai yang digunakan pada tarian rakyat dan daerah dengan benar

35

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Gerakan tari daerah

IS

1

 

PPKn

36

Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Rukun dalam menjaga persatuan dan kesatuan

UR

3

Peserta didik dapat menuliskan cara menjaga kerukunan dengan teman

Bahasa Indonesia

37

Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana

Kata baku dan kata tidak baku

UR

2

Peserta didik dapat melengkapi tabel kata baku dan tidak baku

Ilmu Pengetahuan Alam

38

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia dan lingkungan

UR

3

Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan dengan benar

Ilmu Pengetahuan Sosial

39

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan

UR

2

Peserta didik dapat menuliskan upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan dengan benar.

Seni Budaya dan Prakarya

40

Memahami penampilan tari kreasi daerah

Pola lantai tarian daerah

UR

3

Peserta didik dapat menggambarkan pola lantai pada tarian


Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*