No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
PPKn |
|||||
1 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Makna
persatuan dalam perbedaan |
PG |
1 |
Peserta didik dapat memilih sikap yang tepat dalam
pertemanan dengan benar. |
2 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Nilai-nilai
persatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan nilai persatuan dalam
perbedaan di lingkungan sekolah |
3 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Meneladani
kerja sama pejuang sebagai bentuk penerapan nilai persatuan dan kesatua |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan tindakan untuk memperkuat
persatuan dan kesatuan. |
4 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Mempertahankan
persatuan dan kesatuan |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menganalisis cara menghindari perselisihan. |
5 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Manfaat
persatuan dan kesatuan |
PG |
1 |
Peserta didik dapat memilih manfaat menjaga persatuan dan kesatuan. |
Bahasa Indonesia |
|||||
6 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata
tanya |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan aspek kata tanya dengan benar |
7 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Mengidentifikasi informasi penting suatu teks |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan informasi penting pada teks dengan
benar. |
8 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana. |
Penggunaan kalimat efektif |
PG |
3 |
Peserta didik dapat memilih kalimat efektif dengan benar |
9 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Menuliskan informasi menggunakan kata baku |
PG |
1 |
Peserta didik dapat memilih contoh kata baku dengan benar. |
10 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata baku dan kata tidak baku |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata baku
dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
11 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan menyesuaikan diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
fungsi bagian tanaman dengan benar. |
12 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan melindungi diri |
PG |
1 |
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menentukan cara tumbuhan melindungi diri dengan benar. |
13 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara hewan menyesuaikan diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan cara hewan menyesuaikan diri
dengan benar |
14 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara hewan melindungi diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan cara hewan melindungi diri dengan
benar |
15 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Manfaat adaptasi makhluk hidup |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang tidak dapat
digunakan sebagai bahan penyedap makanan |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
16 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia |
PG |
1 |
Peserta
didik dapat menentukan tujuan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar |
17 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Penerapan makna proklamasi kemerdekaan
Indonesia dalam kehidupan sehari-hari |
PG |
3 |
Peserta
didik dapat menentukan penerapan makna proklamasi dengan benar |
18 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan tokoh yang gugur dalam
pertempuran Bandung Lautan Api. |
19 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Kerja sama dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan Indonesia |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan kerja sama dalam mempertahankan
kemerdekaan dengan benar. |
20 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa
Indonesia |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan manfaat kemerdekaan bagi
kesejahteraan bangsa Indonesia di bidang pendidikan dengan benar. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
21 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai dalam Gerakan tari |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan arah pola lantai dengan benar |
22 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai pada tarian daerah |
PG |
1 |
Peserta
didik dapat menentukan jenis pola lantai berkelompok dengan benar |
23 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai tari tunggal, berpasangan, dan
berkelompok |
PG |
3 |
Peserta
didik dapat menentukan nama tarian yang dilakukan secata tunggal dengan
benar. |
24 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
pola lantai dan gerak tari |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan gerak tari merak dengan benar |
25 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Gerak pola lantai |
PG |
2 |
Peserta
didik dapat menentukan jenis pla lantai pada gerak tari tandak dengan benar |
PPKn |
|||||
26 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Pentingnya persatuan dan kesatuan |
IS |
2 |
Peserta
didik dapat mentukan sila yang sesuai dengan penerapan persatuan dan kesatuan |
27 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Manfaat menerapkan persatuan dan kesatuan |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan dampak menerapkan hidup rukun. |
Bahasa Indonesia |
|||||
28 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Aspek
kata tanya |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan aspek kata tanya dengan
benar. |
29 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Kalimat efektif |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan kata yang harus
dihilangkan supaya menjadi kalimat yang efektif dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan melindungi diri |
IS |
2 |
Peserta
didik dapat menyebutkan nama tumbuhan yang memiliki ciri-ciri cara melindungi
diri dengan benar |
31 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia
dan lingkungan |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan nama tumbuhan
yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menyebutkan arti pembacaat
teks proklamasi dengan benar |
33 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan rencana I.J
Kasimo dengan benar |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai dan Gerakan tari |
IS |
2 |
Peserta
didik dapat menyebutkan nama pola lantai yang digunakan pada tarian rakyat
dan daerah dengan benar |
35 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Gerakan tari daerah |
IS |
1 |
|
PPKn |
|||||
36 |
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya |
Rukun dalam menjaga persatuan dan kesatuan |
UR |
3 |
Peserta
didik dapat menuliskan cara menjaga kerukunan dengan teman |
Bahasa
Indonesia |
|||||
37 |
Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata baku dan kata tidak baku |
UR |
2 |
Peserta
didik dapat melengkapi tabel kata baku dan tidak baku |
Ilmu
Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan |
Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia
dan lingkungan |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menyebutkan dan
menjelaskan manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa
awal kemerdekaan |
UR |
2 |
Peserta didik dapat menuliskan upaya
meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan dengan benar. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai tarian daerah |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menggambarkan pola lantai
pada tarian |