Silakan persiapkan diri kalian dengan belajar sebelum ujian semester 1 minggu depan dimulai!
No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
|
Bahasa Indonesia |
||||
1 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Ide
pokok paragraf |
PG |
1 |
Disajikan sebuah teks, siswa mengidentifikasi ide pokok
paragraf berdasarkan teks bacaan. |
2 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Kesimpulan
paragraf |
PG |
1 |
Disajikan sebuah teks, siswa menentukan konteks kalimat
(ide pokok, kalimat penjelas, kesimpulan) yang sesuai berdasarkan teks
bacaan. |
3 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Ide
pokok paragraf |
PG |
1 |
Mengidentifikasi kalimat dalam paragraf yang berisi ide
pokok. |
4 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Kesimpulan
paragraf |
PG |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa menganalisis kesimpulan berdasarkan teks
bacaan. |
5 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Kalimat
Utama Paragraf |
PG |
3 |
Disajikan sebuah paragraf, siswa menganalisis kalimat utama
berdasarkan paragraf. |
|
PPKn |
||||
6 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Nilai
Pancasila |
PG |
2 |
Menentukan sikap yang mencerminkan pengamalan Pancasila sila
pertama. |
7 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Nilai Pancasila |
PG |
3 |
Disajikan deskripsi peristiwa, siswa menganalisis makna butir
sila yang sesuai. |
8 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Lambang Sila Pancasila |
PG |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa menganalisis lambang pengamalan sila
Pancasila yang sesuai dengan deskripsi. |
9 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Musyawarah |
PG |
1 |
Mengidentifikasi sikap yang baik terhadap hasil musyawarah. |
10 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Nilai Pancasila |
PG |
2 |
Disajikan deskripsi menghargai karya, siswa dapat menentukan
pengamalan sila Pancasila |
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
||||
11 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Bagian Bunga |
PG |
2 |
Disajikan gambar, siswa menentukan
bagian bunga yang ditunjukkan oleh nomor secara berurutan. |
12 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Cara perkembangbiakan tumbuhan |
PG |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa dapat
menganalisis cara perkembangbiakan tumbuhan yang sesuai dengan deskripsi. |
13 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Cara perkembangbiakan hewan |
PG |
2 |
Disajikan deskripsi, siswa dapat menentukan cara
perkembangbiakan hewan yang sesuai dengan deskripsi. |
14 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Pelestarian hewan dan tumbuhan |
PG |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa dapat menganalisis bentuk usaha
pelestarian yang sesuai dengan deskripsi |
15 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Pelestarian hewan dan tumbuhan |
PG |
2 |
Menentukan salah satu penyebab hewan dilindungi pemerintah. |
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
||||
16 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
ASEAN |
PG |
1 |
Mengidentifikasi lima negara pendiri ASEAN |
17 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
ASEAN |
PG |
2 |
Disajikan deskripsi, siswa menentukan negara ASEAN yang
berbentuk republik dan kerajaan |
18 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
ASEAN |
PG |
1 |
Disajikan gambar ikon negara, siswa mengidentifikasi negara yang
paling maju di kawasan ASEAN berdasarkan gambar. |
19 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
Potensi ekonomi Negara ASEAN |
PG |
2 |
Disajikan deskripsi, siswa menentukan potensi ekonomi dari salah
satu negara ASEAN. |
20 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
Kegiatan ekonomi negara ASEAN |
PG |
3 |
Disajikan tabel sektor perekonomian, siswa menganalisis kegiatan
perekonomian negara ASEAN |
|
Seni Budaya dan Prakarya |
||||
21 |
3.4. Memahami patung |
Seni Patung |
PG |
2 |
Disajikan deskripsi, siswa menentukan teknik yang digunakan
dalam membuat patung dari plastisin. |
22 |
3.4.
Memahami patung |
Seni Patung |
PG |
2 |
Disajikan
deskripsi, siswa menentukan jenis patung berdasarkan tujuannya. |
23 |
3.4.
Memahami patung |
Seni Patung |
PG |
1 |
Mengidentifikasi
teknik membuat patung sesuai dengan bahan pembuatan. |
24 |
3.4.
Memahami patung |
Seni Patung |
PG |
2 |
Menentukan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung. |
25 |
3.4.
Memahami patung |
Seni Patung |
PG |
2 |
Disajikan
gambar, siswa menentukan jenis patung yang sesuai dengan gambar |
Bahasa Indonesia |
|||||
26 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Ide Pokok paragraf |
IS |
1 |
Disajikan
teks bacaan, siswa mengidentifikasi ide pokok paragraf berdasarkan teks
bacaan. |
27 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca |
Kesimpulan paragraf |
IS |
2 |
Disajikan deskripsi, siswa menentukan konteks kalimat (ide
pokok, kalimat penjelas, kesimpulan) yang dimaksud |
PPKn |
|||||
28 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Nilai
Pancasila |
IS |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa menganalisis makna sila
Pancasila yang sesuai |
29 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Lambang Sila Pancasila |
IS |
1 |
Menuliskan lambang sila keempat Pancasila |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Perkembangbiakan vegetatif |
IS |
1 |
Menuliskan
cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan |
31 |
3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Pelestarian hewan dan tumbuhan |
IS |
2 |
Menentukan tujuan dibuatnya Taman Nasional |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan
sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
ASEAN |
IS |
1 |
Disajikan deskripsi, siswa menuliskan salah
satu negara pendiri ASEAN |
33 |
3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan
sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
ASEAN |
IS |
1 |
Disajikan deskripsi, siswa mengidentifikasi
salah satu negara pendiri ASEAN dengan memiliki ciri khas pada negara
tersebut. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
3.4. Memahami patung |
Seni Patung |
IS |
1 |
Menuliskan
alat yang dapat digunakan untuk membuat patung |
35 |
3.4. Memahami patung |
Seni Patung |
IS |
1 |
Mengidentifikasi
pengertian karya seni patung |
Bahasa Indonesia |
|||||
36 |
3.1.
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca. |
Kesimpulan teks bacaan |
UR |
3 |
Disajikan
teks bacaan, siswa menyimpulkan isi teks tersebut. |
PPKn |
|||||
37 |
3.1.
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Nilai Pancasila |
UR |
3 |
Disajikan
masalah, siswa menelaah sikap yang mencerminkan nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
3.1.
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
Pelestarian hewan dan tumbuhan |
UR |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa membuat upaya yang
dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang hampir punah. |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
3.1.
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN. |
Potensi ekonomi Negara ASEAN |
UR |
3 |
Disajikan deskripsi, siswa menganalisis
potensi ekonomi yang menjadi kekuatan negara Asia Tenggara |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
3.4.
Memahami patung |
Seni Patung |
UR |
1 |
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan
fungsi pembuatan, bahan serta Teknik pembuatan patung. |