KISI-KISI PAS SMT 1 TEMA 1 KELAS 6 SD

Kake Guru
0

 



Silakan persiapkan diri kalian dengan belajar sebelum ujian semester 1 minggu depan dimulai!


No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

 

Bahasa Indonesia

1

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Ide pokok paragraf

PG

1

Disajikan sebuah teks, siswa mengidentifikasi ide pokok paragraf berdasarkan teks bacaan.

2

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Kesimpulan paragraf

PG

1

Disajikan sebuah teks, siswa menentukan konteks kalimat (ide pokok, kalimat penjelas, kesimpulan) yang sesuai berdasarkan teks bacaan.

3

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Ide pokok paragraf

PG

1

Mengidentifikasi kalimat dalam paragraf yang berisi ide pokok.

4

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Kesimpulan paragraf

PG

3

Disajikan deskripsi, siswa menganalisis kesimpulan berdasarkan teks bacaan.

5

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Kalimat Utama Paragraf

PG

3

Disajikan sebuah paragraf, siswa menganalisis kalimat utama berdasarkan paragraf.

 

PPKn

6

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai Pancasila

PG

2

Menentukan sikap yang mencerminkan pengamalan Pancasila sila pertama.

7

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai Pancasila

PG

3

Disajikan deskripsi peristiwa, siswa menganalisis makna butir sila yang sesuai.

8

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Lambang Sila Pancasila

PG

3

Disajikan deskripsi, siswa menganalisis lambang pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan deskripsi.

9

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Musyawarah

PG

1

Mengidentifikasi sikap yang baik terhadap hasil musyawarah.

10

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai Pancasila

PG

2

Disajikan deskripsi menghargai karya, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila

 

Ilmu Pengetahuan Alam

11

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Bagian Bunga

PG

2

Disajikan gambar, siswa menentukan bagian bunga yang ditunjukkan oleh nomor secara berurutan.

12

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Cara perkembangbiakan tumbuhan

PG

3

Disajikan deskripsi, siswa dapat menganalisis cara perkembangbiakan tumbuhan yang sesuai dengan deskripsi.

13

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Cara perkembangbiakan hewan

PG

2

Disajikan deskripsi, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan yang sesuai dengan deskripsi.

14

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Pelestarian hewan dan tumbuhan

PG

3

Disajikan deskripsi, siswa dapat menganalisis bentuk usaha pelestarian yang sesuai dengan deskripsi

15

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Pelestarian hewan dan tumbuhan

PG

2

Menentukan salah satu penyebab hewan dilindungi pemerintah.

 

Ilmu Pengetahuan Sosial

16

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

 

PG

1

Mengidentifikasi lima negara pendiri ASEAN

17

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

PG

2

Disajikan deskripsi, siswa menentukan negara ASEAN yang berbentuk republik dan kerajaan

18

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

PG

1

Disajikan gambar ikon negara, siswa mengidentifikasi negara yang paling maju di kawasan ASEAN berdasarkan gambar.

19

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

Potensi ekonomi Negara ASEAN

PG

2

Disajikan deskripsi, siswa menentukan potensi ekonomi dari salah satu negara ASEAN.

20

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

Kegiatan ekonomi negara ASEAN

PG

3

Disajikan tabel sektor perekonomian, siswa menganalisis kegiatan perekonomian negara ASEAN

 

Seni Budaya dan Prakarya

21

3.4. Memahami patung

Seni Patung

PG

2

Disajikan deskripsi, siswa menentukan teknik yang digunakan dalam membuat patung dari plastisin.

22

3.4. Memahami patung

Seni Patung

PG

2

Disajikan deskripsi, siswa menentukan jenis patung berdasarkan tujuannya.

23

3.4. Memahami patung

Seni Patung

PG

1

Mengidentifikasi teknik membuat patung sesuai dengan bahan pembuatan.

24

3.4. Memahami patung

Seni Patung

PG

2

Menentukan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung.

25

3.4. Memahami patung

Seni Patung

PG

2

Disajikan gambar, siswa menentukan jenis patung yang sesuai dengan gambar

Bahasa Indonesia

26

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Ide Pokok paragraf

IS

1

Disajikan teks bacaan, siswa mengidentifikasi ide pokok paragraf berdasarkan teks bacaan.

27

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca

Kesimpulan paragraf

IS

2

Disajikan deskripsi, siswa menentukan konteks kalimat (ide pokok, kalimat penjelas, kesimpulan) yang dimaksud

PPKn

28

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Nilai Pancasila

IS

3

Disajikan deskripsi, siswa menganalisis makna sila Pancasila yang sesuai

29

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Lambang Sila Pancasila

IS

1

Menuliskan lambang sila keempat Pancasila

Ilmu Pengetahuan Alam

30

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Perkembangbiakan vegetatif

IS

1

Menuliskan cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan

31

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Pelestarian hewan dan tumbuhan

IS

2

Menentukan tujuan dibuatnya Taman Nasional

Ilmu Pengetahuan Sosial

32

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

IS

1

Disajikan deskripsi, siswa menuliskan salah satu negara pendiri ASEAN

33

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

IS

1

Disajikan deskripsi, siswa mengidentifikasi salah satu negara pendiri ASEAN dengan memiliki ciri khas pada negara tersebut.

Seni Budaya dan Prakarya

34

3.4. Memahami patung

Seni Patung

IS

1

Menuliskan alat yang dapat digunakan untuk membuat patung

35

3.4. Memahami patung

Seni Patung

IS

1

Mengidentifikasi pengertian karya seni patung

Bahasa Indonesia

36

3.1. Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Kesimpulan teks bacaan

UR

3

Disajikan teks bacaan, siswa menyimpulkan isi teks tersebut.

PPKn

37

3.1. Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai Pancasila

UR

3

Disajikan masalah, siswa menelaah sikap yang mencerminkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu Pengetahuan Alam

38

3.1. Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Pelestarian hewan dan tumbuhan

UR

3

Disajikan deskripsi, siswa membuat upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang hampir punah.

Ilmu Pengetahuan Sosial

39

3.1. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

Potensi ekonomi Negara ASEAN

UR

3

Disajikan deskripsi, siswa menganalisis potensi ekonomi yang menjadi kekuatan negara Asia Tenggara

Seni Budaya dan Prakarya

40

3.4. Memahami patung

Seni Patung

UR

1

Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan fungsi pembuatan, bahan serta Teknik pembuatan patung.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*