KISI-KISI SOAL PAS SMT 1 TEMA 1 KELAS 5 SD

Kake Guru
0

 




No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

 

PPKn

1

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Bunyi sila Pancasila

PG

1

Disajikan sebuah lambang sila Pancasila, peserta didik mampu menentukan bunyi salah satu sila Pancasila

2

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

PG

2

Peserta didik mampu menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan penerapannya

3

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

PG

2

Peserta didik mampu memilih perilaku yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila

4

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

PG

2

Peserta didik mampu memilih perilaku yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila

5

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

PG

3

Peserta didik mampu memilih perilaku yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila

 

Bahasa Indonesia

6

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

 

PG

1

Peserta didik memahami pengertian dari ide pokok

7

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

 

PG

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi hal yang harus diilakukan dalam menentukan ide pokok

8

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

 

PG

2

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik mampu menentukan ide pokok dari paragraf tersebut

9

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

 

PG

2

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik mampu menentukan ide pokok dari paragraf tersebut

10

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Ide pokok

 

PG

1

Peserta didik mampu menentukan jumlah kalimat utama dalam sebuah paragraf

 

Ilmu Pengetahuan Alam

11

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

Alat gerak aktif dan pasif

PG

1

Peserta didik mampu menentukan bagian yang menjadi alat gerak aktif pada manusia.

12

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan

Hewan vertebrata dan avertebrata

PG

3

Disajikan nama-nama hewan, peserta didik dapat menganalisis hewan yang termasuk kedalam jenis hewan vertebrata.

13

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan

Otot

PG

3

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan letak otot pada manusia.

14

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan

Kelainan tulang

PG

2

Disajikan gambar, peserta didik menentukan jenis/ nama kelainan tulang sesuai pada gambar.

15

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan

Fungsi rangka/ tulang

PG

2

Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi organ penting yang dilindungi oleh rangka pada gambar.

 

Ilmu pengetahuan Sosial

16

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Letak geografis Indonesia

PG

2

Peserta didik mampu menentukan letak Indonesia secara geografis.

17

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Batas negara Indonesia

PG

1

Peserta didik mampu menentukan batas negara Indonesia.

18

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Kondisi alam Indonesia

PG

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi musim di negara Indonesia

19

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Ketampakan alam dan buatan

PG

2

Disajikan beberapa nama ketampakan pada bumi, peserta didik mampu memilih yang termasuk ke dalam ketampakkan buatan

20

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Sumber daya alam di Indonesia

PG

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi asal sumber daya alam yang disebutkan

 

Seni Budaya dan Prakarya

21

3.1 Memahami gambar cerita

Gambar ilustrasi

PG

1

Peserta didik menentukan dimensi dari gambar ilustrasi

22

3.1 Memahami gambar cerita

Gambar ilustrasi

PG

1

Peseta didik mampu mengidentifikasi corak gambar cerita atau ilustrasi

23

3.1 Memahami gambar cerita

Kover atau sampul buku

PG

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi cover yang baik

24

3.1 Memahami gambar cerita

Komik

PG

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi gabungan unsur pada komik

25

3.1 Memahami gambar cerita

Gambar ilustrasi

PG

3

Peserta didik mengidentifikasi Langkah

PPKn

26

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Bunyi sila Pancasila

IS

1

Peserta didik mampu menuliskan bunyi sila Pancasila sesuai dengan nilai moralnya

27

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

IS

2

Peserta didik mampu menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan penerapannya

Bahasa Indonesia

28

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Paragraf deduktif

IS

1

Peserta didik mampu menuliskan letak pokok pikiran dari paragraf deduktif

29

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

Paragraf

IS

2

Peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat yang mengembangkan kalimat utama pada paragraf

Ilmu Pengetahuan Alam

30

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia 

Fungsi tulang

IS

2

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menuliskan nama organ sesuai dengan fungsinya

31

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia 

Alat gerak hewan

IS

1

Peserta didik mampu menyebutkan alat gerak hewan.

Ilmu Pengetahuan Sosial

32

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

Keanekaragaman rumah adat

IS

2

Disajikan gambar, peserta didik mengidentifikasi nama rumah adat yang dimaksud.

33

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

Keanekaragaman

IS

1

Peserta didik mampu mengidentifikasi pekerjaan yang sesuai dengan kondisi lingkungan.

Seni Budaya dan Prakarya

34

3.1Memahami gambar cerita

Gambar ilustrasi

IS

2

Peserta didik mampu menyebutkan nama lain dari gambar rancangan.

35

3.1Memahami gambar cerita

Komik

IS

1

Peserta didik mampu menuliskan bagian yang terdapat pada komik

PPKn

36

3.1  Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan sila Pancasila

UR

3

Peserta didik mampu menganalisis sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

Bahasa Indonesia

37

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis 

Mengembangkan kalimat utama

UR

3

Peserta mampu mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraph

Ilmu Pengetahuan Alam

38

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

Kesehatan organ gerak

UR

3

Peserta didik mampu menyebutkan cara menjaga kesehatan organ gerak

Ilmu Pengetahuan Sosial

39

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi 

Keanekaragaman

UR

3

Peserta didik mampu mengidentifikasi sikap dalam menyikapi keanekaragaman suku di sekitar

Seni Budaya dan Prakarya

40

3.1 Memahami gambar cerita

Gambar cerita

UR

3

Peserta didik mampu mengidentifikasi alat-alat yang digunakan dalam membuat gambar cerita


Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*