No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
|
PPKn |
||||
1 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Bunyi sila Pancasila |
PG |
1 |
Disajikan sebuah lambang sila
Pancasila, peserta didik mampu menentukan bunyi salah satu sila Pancasila |
2 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
PG |
2 |
Peserta didik mampu menentukan sila
Pancasila yang sesuai dengan penerapannya |
3 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
PG |
2 |
Peserta didik mampu memilih perilaku
yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila |
4 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
PG |
2 |
Peserta didik mampu memilih perilaku
yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila |
5 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
PG |
3 |
Peserta didik mampu memilih perilaku
yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila |
|
Bahasa
Indonesia |
||||
6 |
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis |
Ide pokok |
PG |
1 |
Peserta
didik memahami pengertian dari ide pokok |
7 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Ide pokok |
PG |
2 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi hal yang harus diilakukan dalam menentukan ide
pokok |
8 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Ide pokok |
PG |
2 |
Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik mampu menentukan ide pokok dari paragraf
tersebut |
9 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Ide pokok |
PG |
2 |
Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik mampu menentukan ide pokok dari paragraf
tersebut |
10 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Ide pokok |
PG |
1 |
Peserta
didik mampu menentukan jumlah kalimat utama dalam sebuah paragraf |
|
Ilmu
Pengetahuan Alam |
||||
11 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
Alat gerak aktif dan pasif |
PG |
1 |
Peserta
didik mampu menentukan bagian yang menjadi alat gerak aktif pada manusia. |
12 |
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan |
Hewan vertebrata dan avertebrata |
PG |
3 |
Disajikan nama-nama hewan, peserta didik dapat
menganalisis hewan yang termasuk kedalam jenis hewan vertebrata. |
13 |
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan |
Otot |
PG |
3 |
Disajikan
sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan letak otot pada manusia. |
14 |
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan |
Kelainan tulang |
PG |
2 |
Disajikan
gambar, peserta didik menentukan jenis/ nama kelainan tulang sesuai pada
gambar. |
15 |
3.1 Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan |
Fungsi rangka/ tulang |
PG |
2 |
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi organ penting yang dilindungi
oleh rangka pada gambar. |
|
Ilmu
pengetahuan Sosial |
||||
16 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta
transportasi |
Letak geografis Indonesia |
PG |
2 |
Peserta
didik mampu menentukan letak Indonesia secara geografis. |
17 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Batas negara Indonesia |
PG |
1 |
Peserta
didik mampu menentukan batas negara Indonesia. |
18 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Kondisi alam Indonesia |
PG |
2 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi musim di negara Indonesia |
19 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Ketampakan alam dan buatan |
PG |
2 |
Disajikan beberapa nama ketampakan
pada bumi, peserta didik mampu memilih yang termasuk ke dalam ketampakkan
buatan |
20 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi, serta transportasi |
Sumber daya alam di Indonesia |
PG |
2 |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
asal sumber daya alam yang disebutkan |
|
Seni Budaya
dan Prakarya |
||||
21 |
3.1 Memahami gambar cerita |
Gambar ilustrasi |
PG |
1 |
Peserta
didik menentukan dimensi dari gambar ilustrasi |
22 |
3.1 Memahami gambar cerita |
Gambar ilustrasi |
PG |
1 |
Peseta
didik mampu mengidentifikasi corak gambar cerita atau ilustrasi |
23 |
3.1 Memahami gambar cerita |
Kover atau sampul buku |
PG |
2 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi cover yang baik |
24 |
3.1 Memahami gambar cerita |
Komik |
PG |
2 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi gabungan unsur pada komik |
25 |
3.1 Memahami gambar cerita |
Gambar ilustrasi |
PG |
3 |
Peserta
didik mengidentifikasi Langkah |
PPKn |
|||||
26 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Bunyi
sila Pancasila |
IS |
1 |
Peserta
didik mampu menuliskan bunyi sila Pancasila sesuai dengan nilai moralnya |
27 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
IS |
2 |
Peserta
didik mampu menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan penerapannya |
Bahasa Indonesia |
|||||
28 |
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis |
Paragraf
deduktif |
IS |
1 |
Peserta
didik mampu menuliskan letak pokok pikiran dari paragraf deduktif |
29 |
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis |
Paragraf |
IS |
2 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi kalimat yang mengembangkan kalimat utama pada
paragraf |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
Fungsi
tulang |
IS |
2 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menuliskan nama organ sesuai dengan fungsinya |
31 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
Alat
gerak hewan |
IS |
1 |
Peserta
didik mampu menyebutkan alat gerak hewan. |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Keanekaragaman
rumah adat |
IS |
2 |
Disajikan
gambar, peserta didik mengidentifikasi nama rumah adat yang dimaksud. |
33 |
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi |
Keanekaragaman |
IS |
1 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi pekerjaan yang sesuai dengan kondisi lingkungan. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
3.1Memahami
gambar cerita |
Gambar
ilustrasi |
IS |
2 |
Peserta
didik mampu menyebutkan nama lain dari gambar rancangan. |
35 |
3.1Memahami
gambar cerita |
Komik |
IS |
1 |
Peserta
didik mampu menuliskan bagian yang terdapat pada komik |
PPKn |
|||||
36 |
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan
sila Pancasila |
UR |
3 |
Peserta
didik mampu menganalisis sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
Bahasa Indonesia |
|||||
37 |
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Mengembangkan
kalimat utama |
UR |
3 |
Peserta
mampu mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraph |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
Kesehatan organ gerak |
UR |
3 |
Peserta
didik mampu menyebutkan cara menjaga kesehatan organ gerak |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta
transportasi |
Keanekaragaman |
UR |
3 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi sikap dalam menyikapi keanekaragaman suku di
sekitar |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
3.1
Memahami gambar cerita |
Gambar
cerita |
UR |
3 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi alat-alat yang digunakan dalam membuat gambar
cerita |