Mau Tahu Sibuk dan Ribetnya Guru Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut

Asep Pesantren
0

aplikasi wajib buat guru

Zaman now, guru tuh bukan cuma ngajar. Katanya kurikulum merdeka, guru dituntut untuk punya kompetensi dalam banyak bidang. Termasuk yang paling update bidang informasi dan teknologi atau IT

Guru zaman sekarang harus melakukan kewajiban-kewajiban lain yang kadang tampak overload jika dikerjakan manusia biasa. 

Saya tidak sabar ingin ngasih tahu, apa saja yang harus dikerjakan guru selain belajar mengajar di kelas. Berikut adalah daftar aplikasi-aplikasi yang harus dikerjakan atau diisi oleh guru:

  1. Simpeg, aplikasi dari dinas kabupaten / kota cirebon. Entah aplikasi dari dinas apa. setiap hari mengecek absensi kita dan mengisi LKH atau laporan kinerja harian.
  2. Sampean, aplikasi dari dinas kabupaten / kota cirebon. Entah aplikasi dari dinas apa. aplikasi ini khusus untuk absensi pakai scan barcode. Saya kadang pusing juga memikirkan hubungan antara simpeg dan sampean. Kenapa mengabsen di sampean tapi mengecek absensi di simpeg. 
  3. SIASN, aplikasi ini dari pusat/ kementrian mungkin. biasanya diupdate, dicek dan dilengkapi tiap semester.
  4. SIAGA, aplikasi ini khusus untuk guru agama dari kemenag. sebagai tempat mengabsen dan melaporkan nilai siswa per semester. Termasuk di aplikasi ini juga dipakai standar untuk pencairan TPG atau sertifikasi. 
  5. EMIS PENDIS, aplikasi ini khusus untuk guru agama dari kemenag. Aplikasi ini aktif tiap semester. hanya mengaktifkan akun di awal semester dan mengupload jadwal mengajar, serta mengupload selembar hasil PKG (penilaian kinerja guru). udah itu saja.
  6. Dapodik (Data Pokok Pendidik), aplikasi ini adalah aplikasi resmi kementrian untuk guru, tu, dan siswa. Sekolah semua datanya secara detil ada di dapodik. termasuk data guru. Dan baik SIAGA maupun EMIS tidak akan bisa aktif jika dapodik nya belum diaktifkan. 
  7. PMM, aplikasi ini termasuk baru. Di dalamnya guru dan kepala sekolah harus membuat perencanaan kerja satu semester di awal semester dan dilaporkan di akhir semester termasuk penilaiannya. Di dalamnya pula terdapat banyak pelatihan pembelajaran yang wajib diikuti oleh guru dan masuk pada program pengembangan kompetensi guru. 
  8. E-KINERJA, aplikasi dari pusat. Di aplikasi ini, guru membuat SKP untuk kenaikan pangkat dan golongan. Di ekinerja juga dilaporkan kegiatan pelatihan apa saja yang diikuti oleh guru dalam satu semester. 

Demikian tugas-tugas online yang harus dikerjakan oleh guru, baik yang harian maupun semesteran. Ada beberapa aplikasi yang belum tercantum, nanti segera akan ditambahkan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*